susunan artikel ilmiah

Cari Susunan Artikel Ilmiah Serta Penulisannya Yang Tepat

Cari Susunan Artikel Ilmiah Serta Penulisannya Yang Tepat!  Semua orang tau kalau ada berbagai macam hal yang dapat dikerjakan setiap harinya. Tentu saja, kegiatan yang dilakukan antara setiap orang mempunyai perbedaan dan juga persamaan. Salah satu kegiatan yang banyak orang lakukan adalah membaca. Ada banyak orang yang membaca berita untuk mengisi waktu luang atau mengawali hari.

Mengetahui lebih banyak hal tentang dunia adalah hal yang penting. Anda dapat memahami berbagai macam hal jika rajin mencari informasi. Tentu saja, semua berita yang ada dalam surat kabar juga banyak macamnya. Ada yang mulai dengan topik pembunuhan hingga tulisan yang berisi resep memasak. Tidak hanya itu saja, ada juga tulisan yang berisi berbagai hal terkait dengan penelitian.

Artikel Ilmiah Secara Umum

Artikel ilmiah populer adalah tentunya mempunyai perbedaan dengan berbagai macam artikel lain. Semua berita yang Anda baca dari koran ataupun media lainnya seperti website dan juga blog dapat disebut sebagai artikel. Namun, hanya beberapa saja yang dapat masuk dalam kategori penulisan ilmiah sendiri.

Ada banyak orang yang kurang paham mengenai penulisan artikel ilmiah sendiri. Jenis karya ini jauh lebih terkenal dalam kalangan para pelajar. Tentu saja, banyak sekali orang yang harus dapat menyelesaikan karya ini jauh lebih dahulu untuk kelulusan. Apalagi, karya ilmiah ini juga jauh lebih banyak dalam pembelajaran atau pendidikan.

Tulisan ini sendiri berarti sebuah karya yang berisi berbagai informasi lalu gagasan dan juga ide penulis dalam bentuk yang komprehensif. Tentu saja, tulisan juga berdasarkan penelitian atau pengamatan. Selain itu, juga didasarkan fakta penulisan terbaik dan juga sumber yang dapat dipercaya sebagai pemecah suatu pertanyaan.

Susunan Artikel Ilmiah Yang Benar

Tidak banyak orang yang mampu memahami susunan artikel ilmiah dengan benar. Beberapa orang merasa bingung karena penjelasan yang diberikan kurang jelas. Pastinya, jika Anda paham dengan baik susunan yang mempunyai sistem. Maka, penulisan juga dapat dianggap jauh lebih menarik lagi. Ada susunan atau sistematika yang perlu Anda pahami dalam penulisan.

susunan artikel ilmiah

Untuk struktur sendiri, ada beberapa perbedaan yang bergantung pada jenisnya. Jika tulisan yang Anda angkut merupakan jenis tulisan penelitian. Maka, formatnya juga akan jauh lebih rumit dibandingkan dengan jenis non penelitian. Pada bagian non penelitian sendiri, tidak ada bagian metode yang harus Anda masukkan. Berbeda halnya dengan sistematika penulisan artikel penelitian.

Susunan artikel ilmiah pada bagian judul

Judul menjadi bagian penting dalam banyak hal, suatu karya akan tampak aneh jika tidak mempunyai judul sendiri. Anda harus memasukkan judul dalam tulisan ilmiah juga. Namun, seperti biasanya, tulisan judul mempunyai format sendiri sehingga tetap menarik dari berbagai macam sudut pandang.

Bagian judul harus ringkas tetapi memiliki makna yang jelas. Orang harus dapat mengerti pembahasan yang diangkat hanya melalui judul. Maksimal kata untuk bagian judul ini adalah dua belas kata. Tentu saja, sudah termasuk pada kata penghubung yang Anda tulis. Agar bagian judul sendiri tetap ringkas, tidak perlu masukkan banyak objek atau tempat dan kata hubung.

Judul harus mengandung kata kunci dan memakai format penulisan Times New Roman dengan ukuran 14 dan memakai jarak antar baris sebesar 1 spasi. Hindari penulisan pada judul dengan singkatan atau rumus. Hindari juga penulisan rujukan pada bagian judul karena akan merusak tampilan.

Authorship lines

Baris kepemilikan menjadi hal yang diperlukan dalam susunan artikel. Pastinya, authorship lines ini memiliki dua bagian. Pertama adalah nama penulis dan juga afiliasi atau tempat penulis melakukan penelitian. Nama penulis yang perlu Anda masukkan dalam karya adalah yang benar-benar berpartisipasi banyak saja.

Lalu, afiliasi kelembagaan sendiri mengikuti tempat para mahasiswa yang berpartisipasi belajar. Untuk jabatan sendiri tidak perlu dimasukkan termasuk gelar. Masukkan nama lembaga dengan lengkap di bagian bawah nama penulis. Tentu saja, masukkan juga email jika memang ada.

Abstrak

Bagian ini paling banyak ditemukan karena dalam semua jenis ilmiah juga ada. Bagian abstrak sendiri harus ditulis dengan ringkas serta faktual. Tentu saja, berisi berbagai macam hal terkait dengan tujuan penelitian lalu metode yang dipakai serta hasil dan kesimpulan. Hanya menulis dengan satu paragraf yang hitungan katanya mulai dari 150 kata hingga 200 kata.  Tidak ada singkatan atau rujukan dalam bagian ini. Jika kebingungan Anda bisa mengikuti langkah-langkah membuat artikel ilmiah.

Kata kunci

Bagian lain yang perlu Anda masukkan dalam penulisan adalah kata kunci yang berkaitan dengan topik sendiri. Tentu saja, kelompok kata kunci ini hanya 3 hingga 5 kata saja. Penulisan harus berdasarkan urutan abjad. Lalu, setiap kata kunci yang dipilih harus Anda pisahkan memakai tanda titik koma (;). Penggunaan kata sambung sebaiknya dikurangi.

penyusunan

Pendahuluan

Banyak orang yang melakukan kesalahan pada bagian pendahuluan sendiri. Tentu saja, Anda harus menghindari kesalahan yang dilakukan. Biasanya, ada banyak penulis yang terlalu bertele-tele sehingga semua bagian pendahuluan tidak ada gunanya. Dalam bagian lain, Anda memang perlu menggunakan sub-sub. Namun, tidak dalam tulisan ini.

Bagian pendahuluan harus memiliki latar belakang masalah lalu masalah dan tujuan dari penelitian sendiri. Bagian rujukan dimasukkan dalam susunan pendahuluan sendiri. Tentu saja, ditunjukkan dengan penulisan nama keluarga saja. Pastinya memasukkan tahun terbiran tanpa memasukkan nomor halaman.

Metode penelitian

Susunan artikel ilmiah pada bagian ini sungguh sangat penting. Semua diinformasikan secara ringkas yang berkaitan dengan materi. Pastinya, subjek penelitian lalu alat hingg berbagai rancangan percobaan juga teknik dan variabel harus Anda tuliskan dengan baik. Walaupun dalam penelitian cenderung terdapat banyak rumus. Tetap saja, hindari penulisan rumus statistik yang berlebihan juga.

Anda harus memasukkan metode yang dipakai. Jika sudah terkenal, cukup masukkan namanya saja. Namun, jika tidak memakai metode penelitian yang umum. Maka, yang cukup Anda masukkan adalah penjelasan yang menyesuaikan. Tentu saja, jika memang perlu, cukup masukkan juga sumber rujukan yang memang Anda gunakan.

Hasil dan pembahasan

Bagian ini tidak dapat dipisahkan. Hasil penelitian dapat Anda masukkan dengan berbagai macam dukungan tabel atau grafik hingga gambar. Materi pembahasan terutama mengupas hasil sesuai dengan hipotesis atau tidak. Lalu, pengutipan antara setiap rujukan dan juga pembahasan tidak terlalu panjang. Pendapat orang lain sebaiknya Anda saring dengan kalimat sendiri jauh lebih dahulu.

Simpulan dan daftar pustaka

Penulisan lain yang diperlukan adalah bagian simpulan dan juga daftar pustaka sendiri. Simpulan sendiri harus berisi berbagai jawaban dari pertanyaan penelitian. Bentuknya adalah esai. Lalu, bagian pustaka sendiri berarti penulisan nama penulis dan berbagai macam sumber serta susunan dengan abjad.

Ini menjadi beberapa hal yang perlu Anda pahami terkait dengan susunan artikel ilmiah. Dapatkan kemudahan dalam pembuatan artikel terbaik. Pastikan karya mengandung berbagai macam hal yang memang diperlukan.

error: Content is protected !!