cek backlink gratis

Cara Cek Backlink Gratis dengan Tools Premium

Backlink masih menjadi primadona sampai sekarang. Hal itu karena memang backlink memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan sebuah situs web, asalkan backlink bukan berasal dari situs spam. Hal itu sering dibuktikan dengan munculnya artikel – artikel yang berada di page one pencarian Google. Nah, bagi Anda yang seorang webmaster atau pemilik web, pasti penasaran dengan jumlah backlink dan sumber backlink dari situs – situs yang berhasil “nangkring” di halaman pertama tersebut. Kuncinya ada di cek backlink gratis.

Nah, artikel kali ini akan mengulas bagaimana cara agar Anda bisa mengetahui jumlah dan sumber backlink dari situs web competitor Anda dengan cara yang bisa dibilang gratis. Hal ini memaksudkan agar Anda bisa bertahan di laga internet yang semakin bertambahnya tahun, semakin ketat persaingannya. Tetapi, sebelum membahas hal tersebut, mari kita membahas tentang pengertian dan jenis backlink terlebih dahulu.

Pengertian Backlink Secara Garis Besar

Pada intinya, backlink berarti sebuah tautan atau link yang terdapat pada sebuah halaman situs web yang mengarah ke sebuah halaman situs web lainnya. Seperti misalnya, situs web A menulis sebuah artikel. Dalam artikel tersebut, terdapat tautan atau link yang mengarah ke situs web B. Dengan begitu, situs web A menjadi sumber backlink bagi situs web B. Jadi Anda perlu dengan benar cek backlink domain ini ya!

Itu juga berarti bahwa pihak A adalah pemberi backlink dan pihak B merupakan penerima backlink.

Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Backlink dan Ketentuannya

Lantas, apa manfaat dari pemberian backlink dari situs lain? Tentunya ada banyak, dan beberapa adalah mudahnya Google untuk menemukan situs web Anda. Karena pada dasarnya, Google akan melakukan crawling sekian ribu halaman situs web yang ada. Saat Google meng – crawl sebuah halaman situs web, bot Google juga akan mengcrawl link yang terdapat di dalam halaman web tersebut.

Baca Juga  Beginilah Cara Membuat Website Sederhana, Dijamin Langsung Bisa!

Itu berarti, bila situs web Anda mendapatkan backlink dari situs web lain, semakin mudah Google menemukan situs web Anda dan hasilnya, semakin banyak backlink semakin terkenal pula Anda dalam pandangan mata Google. Dengan begitu, semakin besar juga potensi situs web Anda menempati urutan pertama dalam hasil pencarian.

Tetapi, sayangnya tidak semua sumber backlink baik untuk “Kesehatan” situs web Anda. Jangan gunakan backlink yang bersumber dari situs – situs spam. Hal ini malah memperburuk status website Anda di mata Google. Hasilnya, situs web tersebut tidak mengalami kemajuan yang diinginkan.

Sebaliknya, carilah sumber backlink yang berharga. Hal itu bisa Anda dapatkan dari berbagai situs web yang memiliki konten berkualitas dan kualitas domain yang baik. Dengan begitu, Anda akan melihat kemajuan yang signifikan dari situs web kesayangan Anda. Jadi hal ini perlu Anda lakukan cek backlink gratis secara terus menerus.

Jenis – jenis Backlink yang Biasa Anda Temukan Pada Internet

Pada dasarnya, bentuk – bentuk backlink ada beberapa, tetapi secara garis besar jenisnya ada dua, yaitu Dofollow dan Nofollow. Apa maksudnya?

Jenis Backlink Dofollow

Jenis backlink Dofollow merupakan jenis backlink yang paling banyak diminati. Hal ini karena backlink Dofollow seolah memberi sinyal pada Google untuk meng – crawl situs web Anda. Dan semakin banyak backlink Dofollow yang webmaster miliki, semakin terkenal pula situs web tersebut di mata Google.

cek backlink gratis

Bagaimana tampilan backlink Dofollow? Backlink Dofollow tampil sebagai link aktif, entah itu yang berupa alamat salah satu halaman situs web atau disisipkan pada sebuah kata atau kalimat menggunakan fitur “rel=dofollow”. Hal ini biasanya akan menimbulkan warna font berwarna biru yang mana memang menjadi warna sebuah link aktif. Pastikan saat cek backlink gratis pada website Anda memiliki banyak tautan dofollow ya!!!

Baca Juga  Ini Hal Umum Dalam Abstrak Artikel Ilmiah Untuk Anda

Jenis Backlink Nofollow

Nah, bila backlink Dofollow berarti backlink dengan menyisipkan link aktif, sedangkan Nofollow merupakan backlink yang menyematkan link mati. Hal ini berdampak pada ketidakmampuan bot Google untuk mengidentifikasi bahwa ada tautan yang mengarah pada situs web Anda pada sebuah halaman situs web lain.

Nofollow terbuat dari fitur “rel=nofollow” yang mana akan membuat sebuah tautan tampak seperti tulisan biasanya. Hal ini terjadi bila seseorang pemilik web tidak ingin memberikan backlink gratis atau bisa menjadi Teknik untuk Anda dalam menghindari spam backlink.

Meskipun bot Google tidak mampu meng – crawl link Nofollow, tetapi di mata manusia tetap saja hal itu berpengaruh. Seorang visitor akan mengetahui bahwa situs web Anda sedang dipromosikan di sebuah situs web lain.

Daftar Tool untuk Cek Backlink Gratis

Nah, guna mendukung keperluan Anda untuk cek backlink gratis milik situs web competitor Anda, terdapat beberapa tools yang bisa membantu Anda dalam mengetahui backlink mereka. Tetapi, sebelum itu, Anda harus mengetahui dan memahami istilah – istilah yang ada pada hasil pemeriksaan backlink.

  • Referring Page yang Merupakan halaman web yang mengandung link yang mengarah pada situs web Anda.
  • Referring Domains merupakan istilah untuk merujuk pada jumlah domain yang memberikan backlink
  • Domain and Page Score adalah indicator yang menunjukan nilai atau rating pada domain dan halaman yang mengandung backlink
  • Button Backlink merupakan bagian yang mampu memberi tahu Anda dimana letak backlink pada sebuah halaman situs web, itu bisa berupa teks, URL atau gambar yang disisipi backlink.
  • Dofollow dan Nofollow tempat informasi apakah backlink tersebut dalam bentuk dofollow atau nofollow

Setelah mengetahui istilah – istilah pada tool cek backlink, sekarang saatnya beralih ke daftar tools yang bisa Anda andalkan untuk cek backlink secara gratis.

Baca Juga  Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia Saat Ini yang Relatif Rendah

Ahrefs, Alat untuk Cek Backlink Gratis yang Membawa Fitur yang Lengkap

Ahrefs merupakan alat berbasis web untuk menganalisa pasar digital marketing. Situs web ini mengusung banyak sekali fitur yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi yang berguna sebagai dasar untuk usaha optimasi situs web.

Kemampuan Ahrefs dalam mendeteksi backlink terdukung juga dengan kemampuannya dalam meng-crawl 16 triliun halaman website setiap 15 sampai 30 menit. Maka dari itu, kemampuannya menghitung backlink bisa sangat akurat. Cara ceknya pun Anda hanya tinggal memasukan domain situs yang ingin Anda cek, klik enter dan data-data mengenai domain tersebut langsung tampil.

Ahrefs memang tools berbayar, tetapi Anda bisa memanfaatkan fitur gratisannya meskipun dengan akses yang terbatas.

SEMrush, Tool Cek Backlink yang Terbaik Nomor Dua

Sama seperti Ahrefs, SEMrush memiliki kemampuan meng-crawl miliaran halaman situs web. Sekitar 17 miliar halaman web ter-crawl setiap hari oleh SEMrush. Bila Anda berminat mencoba tool hebat ini, Anda perlu membuat akun. Setelah itu Anda tinggal mengetikkan nama domain target, enter dan akhirnya Anda bisa melihat data-data yang tampil pada dashboard Ahrefs.

Fitur-fitur penampil backlinknya pun juga tidak kalah lengkap. Ada backlink audit, backlink gap dan juga link building tool. Hal-hal tadi bisa Anda manfaatkan agar proses Analisa backlink Anda lebih maksimal. SEMrush menyediakan Anda kesempatan untuk mencoba gratis selama 7 hari.

Nah, itulah artikel tentang cara cek backlink gratis. Anda bisa manfaatkan salah satu atau keduanya, karena masing – masing tool punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

error: Content is protected !!