Faktor Penyebab Hipertensi Pulmonal

Semua orang pasti ingin tahu apa sih faktor penyebab hipertensi pulmonal itu? Nah sebelum saya menjelaskan faktor tersebut, saya akan menjelaskan hipertensi terlebih dahulu. Hipertensi merupakan nama lain dari tekanan darah tinggi dan juga bisa menyebabkan kematian. Hipertensi yang akan kita bahas ini bisa disebut juga dengan arteri pulmonal. Ini merupakan suatu penyakit yang menyerang organ tubuh yaitu paru-paru dan sisi kanan jantung. Penyakit ini biasanya pada tahap awal sulit dideteksi dan bisa disebabkan juga oleh faktor keturunan. Bisa juga disebut dengan adanya peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah arteri yang asalnya dari jantung menuju paru-paru.

Jika kondisi tubuh anda membaik sehingga darah dapat mengalir dengan mudah melalui pembuluh darah yang berada di paru-paru. Pada kasus penyakit ini biasanya terjadi perubahan pada pembuluh darah paru-paru sehingga darah dan oksigen tidak dapat mengalir dengan baik. Sebelumnya penyakit ini tidak dapat diketahui penyebabnya Tapi dapat diduga dalam beberapa factor. Yaitu penyakit jantung bawaan dan bisa disebabkan oleh mutasi gen yang sangat terikat. Juga bisa disebabkan oleh terjadinya penyempitan dan  kerusakan pada pembuluh darah.

Adapun factor penyebab hipertensi pulmonal yang harus anda ketahui. Yaitu disebabkan oleh penyakit jantung bagian kiri namun bisa juga berpengaruh pada kondisi jantung bagian kanan. Penyakit ini tidak hanya bisa menyerang pada orang dewasa tetapi bisa juga menyebabkan pada bayi yang baru lahir juga. Kondisi pada bayi baru lahir ini bisa membuat jantung pada bayi tersebut tidak bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Penyakit ini biasa dikenal atau sering disebut pulmonal persisten pada bayi baru lahir.

hipertensi pulmonal
hipertensi pulmonal

Berikut termasuk faktor penyebab hipertensi pulmonal yang perlu Anda ketahui :

  1. Akibat penyakit jantung kiri. Ini juga bisa disebutkan penyakit pada katup jantung dan penyakit ini sudah tidak berfungsi pada bagian kiri bawah jantung.
  2. Akibat penyakit paru-paru. Penyakit ini juga bisa disebut dengan penyakit obstruktif pada kronis misal seperti emfisema dan terlalu lama berada di kawasan dataran tinggi atau pada ketinggian yang tertentu.
  3. Akibat pengumpulan darah kronis. Penyakit ini bisa juga disebut dengan penggumpalan darah kronis pada bagian paru-paru atau emboli paru.
  4. Bisa juga disebabkan oleh kondisi lain misal seperti kelainan pada darah, kelainan yang sangat mempengaruhi organ tubuh dan kelainan pada metabolisme atau glycogen storage disease. Adanya tumor yang menekan pembuluh arteri pada paru-paru.
  5. Sindrom eisenmenger. Ini merupakan salah satu jenis bawaan dari waktu baru lahir dan penyakit ini sangat bisa menebabkan hipertensi paru. Penyakit ini biasanya disebabkan dengan adanya lubang pada kedua bilik jantung jantung. Dan lubang ini bisa menyebabkan terjadinya gangguan peredaran darah di dalam jantung tersebut. Ini juga bisa menyebabkan volume darah yang kembali pada paru-paru semakin meningkat.
  6. Penyakit hati misal tekanan darah anda lebih tinggi dari tekanan normalnya.
  7. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh orang yang terkena diagnosa HIV atau human immunodeficiency virus.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Ada juga faktor-faktor hipertensi pulmonal yang dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit ini. Seperti obat-obatan yang dapat menyebabkan atau mempunyai efek samping terhadap jantung. Mempunyai kelainan jantung bawaan, pembekuan darah, dan juga berat badan yang tidak ideal atau berat badan anda tidak sesuai dengan usia. Dari penjelasan di atas sudah jelas banyak sekali factor penyebabnya yang memicu terjadinya penyakit tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *