bagaimana artikel ilmiah disusun

Mengetahui Bagaimana Artikel Ilmiah Disusun Tanpa Perlu Repot

Mengetahui Bagaimana Artikel Ilmiah Disusun Tanpa Perlu Repot! Semua orang tau berbagai macam berita karena membaca dari berbagai tempat atau media. Tidak hanya membaca berita saja yang menjadi hal menarik untuk dilakukan. Anda juga perlu tau bagaimana rasanya jika menjadi seseorang yang justru menerbitkan berita. Jauh lebih baik jika melakukan pencarian dengan langkah sederhana melalui internet.

Ada banyak artikel yang dapat ditemukan di internet jika ingin menjadi orang yang menulis berita. Mahasiswa atau para pelajar cendrung paham banyak hal yang biasanya berkaitan dengan artikel. Artikel menjadi sebuah tulisan yang mengandung berbagai macam informasi dan diterbitkan dari berbagai macam media sehingga dapat dibaca oleh banyak orang.

Konsep artikel ilmiah sesungguhnya berdasarkan pada metode yang  dipilih oleh penulisnya sendiri. Sudah pasti ada berbagai macam jenis artikel yang tersedia di dunia ini. Artikel yang berada di dalam media massa juga mempunyai perbedaan dari jenis dan lain sebagainya. Misalnya, bahasa hingga topik yang diangkat.

Secara umum, ada berbagai macam penulisan yang berbeda satu dengan lainnya dalam artikel yang ditulis. Anda dapat mencari gaya penulisan sendiri yang memang diinginkan. Ada banyak orang yang perlu tulisan ini untuk berbagai macam hal. Tentu saja, ini merupakan langkah yang tepat untuk mendapatkan ilmu yang jauh lebih luas lagi.

Apa Itu Artikel Ilmiah? 

Sebelum memulai penulisan yang jelas, jauh lebih baik jika tau arti yang tepat lebih dahulu. Artikel ilmiah merupakan sebuah tulisan yang dibuat dengan berbagai macam metode. Tulisan ini jelas berbeda dengan karya lainnya dan jauh lebih banyak ditemukan dalam dunia pendidikan. Bahasa yang digunakan juga mempunyai beberapa macam perbedaan.

Tulisan ilmiah dalam konteksnya sendiri mempunyai beberapa macam jenis. Mulai dari penelitian hingga artikel yang menargetkan masyarakat umum dalam tulisannya. Bahasa yang dipakai berbeda tergantung pada jenis yang diambil. Pastinya, jauh lebih formal dalam artikel ilmiah yang bertujuan untuk penelitian dan jauh lebih jelas dalam artikel umum. Artikel ini biasanya berdasarkan bahasa yang sederhana.

Bagaimana Artikel Ilmiah Disusun Berdasarkan Struktur? 

Untuk orang-orang yang sering melontarkan pertanyaan terkait dengan bagaimana artikel ilmiah dibuat dengan konsep yang baik. Tentunya, ada jawaban yang jelas untuk menyusun semua tulisan ini. Hal ini dapat diperhatikan dari segi struktur penulisan. Setiap tulisan biasanya berbeda dari segi struktur tergantung pada jenis yang diambil.

bagaimana artikel ilmiah disusun

Biasanya, untuk jenis artikel penelitian sendiri ada perbedaan dengan struktur untuk artikel yang ditulis dalam bentuk non penelitian. Perbedaan ini hanya terletak pada bagian metode penelitian yang diambil. Pada artikel penelitian, bagian ini harus dicantumkan dengan baik. Namun, jika bukan artikel ilmiah dengan jenis penelitian. Maka, bagian ini tidak perlu ada.

Bagaimana artikel ilmiah disusun dari bagian judul

Judul harus ada dalam artikel ilmiah dengan ketentuan sebaik mungkin. Judul pada artikel ilmiah seharusnya dibuat dengan ringkas dan hanya mengandung beberapa kata saja. Maksimal dua belas kata. Judul yang Anda buat untuk artikel harusnya informatif dan sudah menghitung bagian kata penghubung.

Tidak hanya itu saja, di dalam judul harus ada kata kunci berdasarkan tulisan yang diambil. Memakai jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 14. Selain itu, memakai jarak antara baris yaitu 1. Hindari memasukkan singkatan atau rumus dan rujukan di dalam bagian judul. Buat judul yang dapat membuat orang-orang langsung paham topik yang diambil.

Authorship lines

Bagaimana artikel ilmiah pembentukannya dapat dilihat dari segi baris kepemilikan juga. Dalam bagian ini, masukkan nama penulis dan juga afiliasi kelembagaan penulis. Jika untuk mahasiswa, maka dapat mengikuti tempat belajarnya saja. Tidak perlu memasukkan semua nama di dalam tulisan. Cukup nama yang benar-benar berpartisipasi. Nama lembaga dimasukkan secara lengkap.

Abstrak

Bagian abstrak ini ditulis dengan singkat dan juga mengandung fakta. Dalam bagian ini, ada berbagai macam tujuan penelitian hingga metode dan juga hasil serta kesimpulan penelitian. Dapat dituliskan dalam satu paragraf saja. Biasanya, panjangnya sekitar 150 hingga 200 kata. Dapat juga ditulis dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia juga. Tidak ada penggunaan singkat yang umum.

Kata kunci

Hal yang harus ada adalah kata kunci dalam artikel ilmiah. Buat keyword sekitar tiga atau lima kata saja. Kata kunci disusun berdasarkan urutan abjad. Buat tanda koma pada bagian kata kunci satu sama lain untuk pemisahan. Dalam kata kunci, hindari pemakaian kata hubung seperti dan, dengan dan lain sebagainya.

Pendahuluan artikel

Bagian pendahuluan juga perlu diperhatikan dengan baik. Hindari memasukkan sub dalam bagian pendahuluan ini. Masukkan semua latar belakang masalah lalu permasalahan yang dibahas dan tujuan penelitian secara ringkas. Banyak kesalahan yang dilakukan oleh para penulis dalam bagian ini seperti terlalu banyak pengucapan pembuka seperti penyebutan nama partisipan dalam jumlah tidak terkira. Jika kamu kesusahan bisa menyimak cara membuat artikel ilmiah dan contohnya.

Metode penelitian

Hal ini tidak perlu dicantumkan dalam bagian artikel ilmiah non penelitian. Susunan artikel ilmiah ini sangat penting untuk penulisan artikel penelitian. Pastinya, semua informasi yang dimasukkan ke dalam tulisan harus berkaitan dengan materi atau juga metode yang dipakai dalam penelitian. Penulisan rumus juga tidak boleh berlebihan pada bagian ini.

susunan ilmiah

Selain itu, semua metode harus dituliskan namanya. Jika memakai metode yang memang sudah terkenal bagi banyak orang. Maka, Anda perlu memasukkan nama metode yang diambil. Jika tidak, maka sebutkan saja sumber rujukan atau berikan sedikit penjelasan terkait dengan metode yang dipakai.

Hasil serta pembahasan

Bagian hasil dan juga pembahasan sangat penting dalam artikel ini. Semua format hasil penelitian tidak dapat dipisahkan dengan pembahasan. Pastinya, memakai dukungan tabel atau grafik. Pakai berbagai macam gambar yang dapat memberikan penjelasan. Penulisan angka juga tidak boleh diulang dalam tabel pembahasan.

Materi pembahasan berkaitan dengan isi dari tulisan. Harus dibuat dengan sistematis dan menjelaskan hasil sesuai hipotesis serta argumentasi untuk artikel penelitian.  Kutipan dalam rujukan sebaiknya dituliskan sedikit saja. Riset dari orang lain atau referensi sebaiknya dituliskan secara berbeda memakai kalimat sendiri.

Membuat simpulan

Sama halnya dengan berbagai macam tulisan lain yang membutuhkan bagian kesimpulan. Begitu juga dengan artikel ilmiah ini, simpulan pada artikel ilmiah berisi jawaban atas pertanyaan atau penjelasan akhir dari topik yang dibahas.  Ditulis secara esai dan tidak memakai metode numerical.

Daftar pustaka

Untuk artikel ilmiah yang memang lengkap sendiri, penulisan daftar pustaka memang dibutuhkan. Masukkan nama penulis berdasarkan abjad dan nama keluarga. Rujukan yang dimasukkan dalam artikel adalah rujukan yang memang masuk dalam manuskrip.

Ini menjadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyusun sebuah artikel berdasarkan struktur. Bagaimana artikel ilmiah disusun tidak menjadi langkah yang sulit untuk dipahami. Buat artikel Anda dalam bentuk yang paling tepat!

error: Content is protected !!