aturan penulisan artikel ilmiah

Kenali Aturan Penulisan Artikel Ilmiah Yang Tepat

Kenali Aturan Penulisan Artikel Ilmiah Yang Tepat!  Banyak sekali kegiatan yang menjadi hal menarik menurut setiap orang. Menulis menjadi salah satu bagian dari pekerjaan yang menarik untuk banyak orang. Anda dapat menjadikan kegiatan ini sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Ada banyak orang yang melakukan kegiatan ini untuk mendapatkan profesi utama hingga pekerjaan sampingan.

Pastinya, tidak hanya digunakan sebagai pekerjaan saja. Kegiatan ini juga merupakan hal utama yang harus dilakukan oleh para mahasiswa sendiri. Banyak hal penting yang harus dicantumkan dalam penulisan. Tidak hanya itu saja, semua orang juga tau kalau artikel adalah salah satu karya yang punya banyak pembagian hingga penulisan yang cukup berbeda satu sama dengan lainnya.

Susunan artikel ilmiah menjadi salah satu hal yang ingin banyak orang ketahui. Anda akan mendapatkan kemudahan jika tau aturan yang tepat untuk menulis dengan baik. Pastinya, ada banyak sekali contoh yang dapat Anda temukan di internet dan punya kaitan erat dengan semua tulisan ini. Apalagi jika Anda memang rajin membaca artikel sendiri.

Semua karya yang ada pada surat kabar atau beragam media lainnya dapat dikatakan sebagai artikel. Artikel menjadi karya yang mempunyai informasi dan juga gagasan penulis berdasarkan format penulisan yang juga berbeda. Pemahaman akan penulisan harus dilakukan dengan baik agar tidak ada kesalahan sama sekali. Anda dapat mengawali pemahaman melalui pengertian yang ada.

Pengertian Artikel Ilmiah

Hampir semua orang tau kalau jenis artikel yang satu ini paling terkenal dalam dunia pendidikan. Hal ini sangat wajar mengingat artikel jenis ini harus ditulis oleh para mahasiswa sebelum menyelesaikan pendidikan. Semua artikel ini harus dipahami dengan baik dan perlu mencantumkan tulisan ini pada bagian skripsi nantinya.

Baca Juga  Sebutkan Tujuan Dari Penerapan SEO Off Page Yang Benar

aturan penulisan artikel ilmiah

Artikel ilmiah sendiri merupakan sebuah karya yang memang berisi ide lalu gagasan dan juga informasi untuk para pembaca. Informasi ini juga tidak ditulis secara asal. Informasi yang tercantum pada penulisan ini sudah berdasarkan pengamatan yang jelas. Selain itu, memakai data terpercaya dan dipastikan tidak ada plagiarisme sehingga tulisan dapat dipublikasikan untuk dibaca banyak orang juga.

Aturan Penulisan Artikel Ilmiah Dari Struktur 

Anda harus tau kalau aturan penulisan artikel sendiri menjadi hal yang penting untuk dipahami. Beberapa orang tidak mengerti hal ini dengan baik. Anda harus tau sistematika penulisan karena jenis yang satu ini mempunyai perbedaan dengan tulisan lainnya. Ada beberapa bagian yang perlu dipahami dengan baik khusus untuk artikel ilmiah yang terbagi atas non penelitian dan penelitian sendiri.

Aturan penulisan artikel ilmiah pada bagian judul 

Bagian pertama yang harus Anda perhatikan adalah penulisan untuk judul artikel. Ada maksimal kata untuk tulisan ini sendiri. Biasanya, penulisan untuk judul maksimal dua belas kata. Selain itu, juga mengandung kata kunci sebanyak tiga atau lima kata sesuai dengan topik yang diangkat dalam artikel sendiri. Tidak ada penggunaan singkatan atau rumus pada bagian inu sendiri.

Baris kepemilikan 

By line atau authorship line menjadi salah satu bagian yang harus ada juga. Hal ini sangat penting untuk penulis tanpa plagiarisme sama sekali. Anda harus memasukkan lembaga dan juga nama penulis dalam bagian ini. Bagian lembaga harus dimasukkan dengan lengkap sehingga orang-orang dapat membuktikan bahwa penelitian yang dilakukan adalah asli.

aturan artikel

Pastinya, cukup masukkan nama penulis yang benar-benar berpartisipasi atau mempunyai peran besar dalam artikel sendiri. Hindari memasukkan terlalu banyak nama karena dapat merusak tulisan. Cukup masukkan nama penting dengan urutan abjad yang tepat. Jabatan atau gelar juga tidak perlu dimasukkan dalam artikel sendiri.

Baca Juga  Mari Pelajari Pengertian SEO On Page Dan SEO Off Page Yang Harus Kamu Pahami

Abstrak

Contoh pendahuluan artikel ilmiah pada bagian abstrak sendiri jarang diperhatikan oleh orang-orang. Anda harus membuat tulisan yang ringkas serta bagian faktual pada bagian ini. Hal yang dimasukkan dalam bagian ini sendiri adalah tujuan untuk penelitian. Lalu, ada juga metode serta hasil dan bagian simpulan untuk penulisan sendiri. Anda harus menulis bagian ini dalam satu paragraf saja. Biasanya, panjangnya hanya mencapai dua ratus kata.

Kata kunci

Keyword menjadi bagian lain yang harus ada, Anda harus membuat kata kunci dari tiga hingga lima kata. Penulisan kata kunci ini harus mempunyai hubungan dengan topik artikel dan tidak memakai banyak kata hubung karena akan merusak tulisan sendiri.

Bagian pendahuluan 

Anda juga harus tau kalau pendahuluan bukan bagian terimakasih. Dengan begitu, pengucapan terimakasih untuk beragam macam jasa dari orang lain harusnya diperhatikan dengan lebih baik lagi. Tidak semua orang paham dengan penulisan atau bagian pendahuluan yang tepat. Anda harus memasukkan pendahuluan dengan baik atau tidak memakai banyak kutipan yang akan membuat karya menjadi aneh. Jika Anda kebingungan bisa menggunakan jasa penulisan artikel ilmiah.

Metode penelitian

Anda juga harus memasukkan bagian metode penelitian yang tepat. Cobalah memberikan penjelasan secara ringkas terkait dengan metode yang Anda terapkan dalam penulisan. Jika memakai yang besar atau terkenal. Maka, cukup tuliskan nama metodenya saja. Anda harus memberikan penjelasan dengan lengkap pada bagian ini. Mulai dari beragam macam alat hingga subjek penelitian yang dipakai dalam pembuatan tulisan ini sendiri.

Hasil dan pembahasan

Bagian ini sebenarnya tidak dipisahkan dalam contoh artikel ilmiah hasil penelitian. Namun, ada banyak orang yang membuat kesalahan dalam bagian ini sendiri. Tentu saja, Anda harus memasukkan hasil penelitian pada bagian ini dengan dukungan dari beragam tabel penulisan sendiri. Anda harus memperjelas penelitian pada bagian ini.

Baca Juga  Pahami Hal Ini Untuk Membuat Contoh Abstrak Artikel Ilmiah Yang Sesuai

Hindari menulis ulang hal yang sudah tercantum dengan jelas pada bagian hasil atau tabel sebelumnya. Anda harus melakukan penulisan yang tepat dan menghindari copy paste pada bagian ini. Materi yang dibahas berkaitan dengan keberhasilan atau kegagalan dalam penelitian yang dilakukan. Pembahasan harus jujur dan sesuai dengan hipotesis atau tidaknya. Bahkan, perlu mengungkapkan bagian argumentasi juga.

Simpulan 

Bagian lain yang harus ada dalam tulisan adalah bagian simpulan. Bagian ini berupa jawaban dari pertanyaan penelitian sendiri. Bentuk penulisan simpulan sendiri bukan dalam nomor. Semua bagian simpulan ditulis dalam bentuk esai. Banyak orang yang melakukan kesalahan karena membuat bagian simpulan dalam bentuk nomor sendiri.

Daftar pustaka 

Pada bagian ini, sumber yang dimasukkan adalah yang benar-benar Anda pakai untuk penulisan. Bagian ini juga disusun menurut abjad penulisan. Anda harus memasukkan nama penulis sesuai ketentuan yaitu memakai nama keluarga atau nama akhirnya saja. Lalu, menulis tahun hingga judul artikel dan nama jurnalnya sendiri untuk bagian sumber untuk penulisan Anda sendiri.

Pembuatan artikel ilmiah sebenarnya bukan hal yang sulit jika Anda paham dengan aturan penulisan artikel ilmiah. Pahami beberapa hal yang sederhana untuk penulisan yang sempurna dalam karya. Gunakan cara sederhana untuk proses menulis dengan mengikuti semua hal yang harus ada dalam tulisan.

error: Content is protected !!